FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS ALMUSLIM

Fakultas Teknik Universitas Almuslim telah mengadakan Kuliah Umum yang menghadirkan pemateri dari Negeri Jiran Malaysia yaitu bapak Prof Ir. Mohamad Ali Fulazzaky, M.Eng., M.Sc., Ph.D, yang dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Romaynoor Ismy, ST., MT.

Menurut Ketua pelaksana Mahdi ST.,MT yang juga Wakil Dekan III FT, di ikuti oleh 60 peserta yang terdiri dosen dan mahasiswa. Adapun Tema yang diangkat dalam Kuliah Umum ini adalah “ Model Empiris Biofiltrasi Untuk Menghilangkan Polusi Dari Air Baku Untuk Penyimpanan Air Rumah Tangga”.

Dalam pemaparan nya beliau menyebutkan bahwa untuk daerah yang kurang air dapat memanfaatkan Air hujan sebagai alternatif air minum dan keperluan lainnya, dengan Cara menampung air hujan kedalam bak penampung dengan memanfaatkan atap rumah kemudian dibikin talang dan dialirkan ke Bak penampung, kemudian air hujan yang telah ditampung lalu dilirkan ke alat yang telah didesain khusus yaitu Bio-Sand Filter (BSF) oleh Prof Mohammad Ali Fulazzaky, M.Eng., M.Sc., Ph.D untuk menghilangkan polusi, micro organisme, bakteri yang terdapat dalam air hujan, sehingga nanti setelah diproses dapat diminum langsung.

Menurut beliau air hujan sebenarnya bisa diminum langsung tanpa harus di proses terlebih dahulu, karena air hujan di proses melalui penguapan air laut maupun air sungai, akan tetapi krn udara telah terkontaminasi dengan zat –zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia, misalnya CO2 dan zat kimia berbahaya lainnya, maka air hujan tidak aman untuk langsung diminum, sehingga perlu di olah atau diproses terlebih dahulu.

Dalam kesempatan ini juga beliau berpesan kepada Dosen harus rajin-rajin mempublikasi tulisan-tulisannya supaya dapat bermanfaat untuk khalayak ramai,.

Share