FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS ALMUSLIM

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Arsitektur Nusantara, Teknologi Bangunan 2 dan Struktur dan Konstruksi Bangunan 3 Pada tanggal 22 Juli 2018 melakukan studi ekskursi ke Monumen Malikussaleh dan Museum Islam Samudera Pasai di di Desa Beuringen, Kecamatan Samudra, Aceh Utara. Didampingi oleh Koordinator dosen Ibu Zuraihan, ST., MT beserta Dosen Pembimbing Ibu Idayani, ST., MT dan Ibu Sri Hartati, ST., MT, para mahasiswa terlihat antusias untuk melakukan pengamatan tentang kedua bangunan yang letaknya berdekatan dengan komplek makam Sultan Malikussaleh, pendiri Kerajaan Islam Samudera Pasai.



Tujuan dari kunjungan ini adalah mengamati secara langsung struktur, bahan bangunan dan ukuran konstruksi serta memperoleh informasi proses pembangunan dan fungsi monumen dan museum serta memperoleh pengetahuan aplikasi pemakaian struktur di gedung berlantai banyak.
"Selain itu kami juga ingin memperkenalkan kepada calon arsitek tentang kawasan wisata sejarah secara arsitektural , dalam hal ini museum. Dan terpenting dari studi ini adalah mengajak peserta untuk mengingat kejayaan Aceh di abad XIII kepada generasi sekarang dan masa datang.” Ungkap Ketua Prodi Arsitektur Universitas Almuslim, Muhammad Yanis, ST., MT, yang ikut mendampingi kunjungan mahasiswa.

Share